Wednesday, November 26, 2014

Prisip Desain Antarmuka (IMK)



Prinsip – prinsip desain antarmuka(interface) antara lain sebagai berikut:

a. Merefleksikan model mental user
b. Explicit and Implied Action
c. Direct Manipulation
d. User Control
e. Feedback and Communication
f. Consistency
g. WYSIWYG (What You See Is What You Get)
h. Aesthetic Integrity

Berikut penjelasan singkat dari prinsip desain antar muka:

a.Merefleksikan model mental user

Merefleksikan kombinasi pengalaman dunia riil, pengalaman dari software lain, dan penggunaan komputer secara umum.

b.Explicit and Implied Action

-Explicit action : kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek.
-Implied actions : kondisi yang hanya memberikan kesan visual untuk memanipulasi obyek.

c.Direct Manipulation

User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi.

d.User Control

Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi.

e.Feedback and Communication

Selalu memberitahukan user apa yang terjadi dari suatu aksi.

f.Consistency

User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain.

g.WYSIWYG (What You See Is What You Get)

Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.

 h.Aesthetic Integrity

Informasi diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain visual yang baik.

No comments:

Post a Comment