Wednesday, November 26, 2014
Prisip Desain Antarmuka (IMK)
Prinsip – prinsip desain antarmuka(interface) antara lain sebagai berikut:
a. Merefleksikan model mental user
b. Explicit and Implied Action
c. Direct Manipulation
d. User Control
e. Feedback and Communication
f. Consistency
g. WYSIWYG (What You See Is What You Get)
h. Aesthetic Integrity
Berikut penjelasan singkat dari prinsip desain antar muka:
a.Merefleksikan model mental user
Merefleksikan kombinasi pengalaman dunia riil, pengalaman dari software lain, dan penggunaan komputer secara umum.
b.Explicit and Implied Action
-Explicit action : kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk manipulasi suatu obyek.
-Implied actions : kondisi yang hanya memberikan kesan visual untuk memanipulasi obyek.
c.Direct Manipulation
User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi.
d.User Control
Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi aksi.
e.Feedback and Communication
Selalu memberitahukan user apa yang terjadi dari suatu aksi.
f.Consistency
User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain.
g.WYSIWYG (What You See Is What You Get)
Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di layar dengan hasil outputnya.
h.Aesthetic Integrity
Informasi diorganisasikan dengan baik dan konsisten dengan prinsip desain visual yang baik.
Labels:
Ringkasan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment