Monday, November 24, 2014

Pengenalan IMK


Apa itu IMK?

Secara sederhana IMK(Interaksi Manusia dan Komputer) adalah studi tentang manusia,teknologi komputer dan cara bagaimana mereka saling berinteraksi. Dan juga kita mempelajari IMK untuk dapat menentukan bagaimana membuat agar teknologi komputer dapat lebih berguna bagi manusia


Definisi Interaksi Manusia dan Komputer : “Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface).”


Istilah IMK / HCI

HCI(human-computer interaction) didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin.


Definisi Antarmuka Manusia dan Komputer “Media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer ”


Sebuah program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu:
- Bagian Antarmuka.
- Bagian Aplikasi.


Media antarmuka manusia dan komputer terbagi menjadi 2 yaitu :
a. Media tekstual
b. Media GUI (Graphical User Interface)


a.Media Tekstual adalah “ bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik “. Contoh: perintah “Printf” dalam Borland C++.


b. Media GUI (Graphical ser Interface) adalah “bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dengan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain).
Strategi Pengembangan Antarmuka / interface Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
- Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
- Informasi tentang ragam dialog, struktur,isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu, kecepatan    tampilan.
- Penggunaan prototipe yang disusun secara bersama antara calon pengguna dan perancang system.    - Teknik evaluasi dengan menggunakan uji coba sejumlah kasus, tanya jawab dan kuisioner.

No comments:

Post a Comment