Apa itu IMK?
Secara sederhana IMK(Interaksi Manusia dan Komputer) adalah
studi tentang manusia,teknologi komputer dan cara bagaimana mereka saling
berinteraksi. Dan juga kita mempelajari IMK untuk dapat menentukan bagaimana
membuat agar teknologi komputer dapat lebih berguna bagi manusia
Definisi Interaksi Manusia dan Komputer : “Sebuah hubungan
antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk
mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang
menggunakan antarmuka (interface).”
Istilah IMK / HCI
HCI(human-computer interaction) didefinisikan sebagai
disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi
sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang
fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog
dengan penggunanya seramah mungkin.
Definisi Antarmuka Manusia dan Komputer “Media yang
memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer untuk memberikan suatu
perintah kepada komputer ”
Sebuah program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu:
- Bagian Antarmuka.
- Bagian Aplikasi.
Media antarmuka manusia dan komputer terbagi menjadi 2 yaitu
:
a. Media tekstual
b. Media GUI (Graphical User Interface)
a. Media tekstual
b. Media GUI (Graphical User Interface)
a.Media Tekstual adalah “ bentuk sederhana dialog atau
komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang
menarik “. Contoh: perintah “Printf” dalam Borland C++.
b. Media GUI (Graphical ser Interface) adalah “bentuk dialog
atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat
atraktif”. Contoh antarmuka manusia dengan komputer yang berbentuk grafis
menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan
lain-lain).
Strategi Pengembangan Antarmuka / interface Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
- Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
- Informasi tentang ragam dialog, struktur,isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu, kecepatan tampilan.
- Penggunaan prototipe yang disusun secara bersama antara calon pengguna dan perancang system. - Teknik evaluasi dengan menggunakan uji coba sejumlah kasus, tanya jawab dan kuisioner.
Strategi Pengembangan Antarmuka / interface Beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
- Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
- Informasi tentang ragam dialog, struktur,isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu, kecepatan tampilan.
- Penggunaan prototipe yang disusun secara bersama antara calon pengguna dan perancang system. - Teknik evaluasi dengan menggunakan uji coba sejumlah kasus, tanya jawab dan kuisioner.
No comments:
Post a Comment